Domain Berbayar

Ketika aku membuat blog ini pada tanggal 9 Juni 2014 memang tujuannya sebagai representasi diriku. Rencananya blog ini akan kulaunching tepat pada hari ulang tahunku yang jatuh pada tanggal 30 Juni 2014 dan sudah memakai domain berbayar. Makanya sebelum tanggal tersebut, aku tidak mempublish update konten blog ini ke media sosial lain seperti yang biasanya aku lakukan ketika aku menulis di blogku yang berjudul Tyastlc : My Thought and My Feeling .

Tepat tanggal 30 Juni 2014 aku mulai mempublish update konten blog ini yang berjudul Akhirnya Aku Bisa ! ke berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, Tumblr, dan Path. Beberapa saat kemudian, masih ditanggal yang sama, dengan kondisi apa adanya, dan dengan konten yang masih sangat minimalis, aku melaunching personal blog ini ke akun Facebook milikku dengan masih memakai sub domain gratisan dari WordPress. Waktu itu aku belum sempat merubahnya ke domain berbayar karena lagi sok sibuk dengan Daily Prompt di blog satunya.

launching blog

Akhirnya tanggal 10 Juli 2014 aku sempatkan diri untuk mengupgrade sub domainku menjadi domain berbayar. Prosesnya sangat mudah. Tinggal masuk ke menu Store pada Admin Pannel. Pilih menu Add a Domain. Kita tinggal memasukkan nama domain yang kita inginkan, dan secara otomatis akan dicek ketersediaan nama domain tersebut. Jika nama domain tersebut tidak tersedia, kita akan diberikan alternatif nama domain lain. Tapi jika tersedia, kita diarahkan pada menu pembayaran. Biaya yang harus kita keluarkan adalah sebesar $ 5 untuk registrasi dan $ 13 untuk mapping (setting DNS dan sebagainya). Total $ 18 ini harus kita keluarkan tiap tahun jika masih ingin memakai domain berbayar tersebut.

WordPress menyediakan dua pilihan pembayaran di menu Store-nya, yaitu dengan menggunakan kartu kredit dan paypal. Aku lebih prefer untuk membayarnya dengan menggunakan paypal walaupun pada akhirnya paypal mendebitnya ke salah satu kartu kreditku. Untuk transaksi lintas negara aku memang lebih memilih menggunakan paypal demi keamanan. Setelah input paypal ID dan password berhasil, domain itu sudah menjadi milikku untuk setahun kedepan. Sedangkan sub domain masih akan tetap menjadi milikku selamanya.

blogku

Oya….setelah kita beli domain ke WordPress, kita dikasih kesempatan selama 48 jam untuk mempertimbangkan apakah kita fixed beli domain tersebut atau berubah pikiran. Jika kita berubah pikiran, dana yang sudah kita bayarkan akan direfund ke akun kartu kredit atau paypal yang sebelumnya kita pakai untuk transaksi pembayaran. Menu cancel and refund ada di menu Store sub menu My Upgrade. Prosesnya gampang banget, tinggal klik aja, just as simple as that. Tapi menu ini akan hilang jika sudah melewati batas waktu 48 jam, yang artinya proses pembeliannya sudah dianggap fixed dan tidak bisa dibatalkan lagi. Ada yang mau mencoba beli domain berbayar? Kedepan insyaAllah aku akan cerita tentang bedanya beli domain berbayar melalui WordPress dan melalui pihak lain. Ditunggu aja dengan sabar ya.

***

Dian Widyaningyas

Jelang subuh puasa hari ke-13

Saturday, July 12th, 2014

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s